Asyiknya Work From Home diimbangi dengan Work Life Balance pada Masa Pandemi Covid-19

Sleman, Juni 2020 – Penyebaran Virus Corona (Covid-19) sudah menjadi pandemic Global di seluruh Dunia terutama Indonesia. Penyebaran yang sangat cepat dan luas membuat Pemerintah Indonesia mengambil langkah stategis untuk memerangi Covid-19 dengan lebih maksimal. Sejak ditetapkannya wabah virus corona sebagai pandemi global, Presiden Joko Widodo pun menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Ditetapkannya Keputusan Pemerintah terkait dengan WFH, SMK Kesehatan Binatama yang berada di bawah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DI.Yogyakarta mengikuti anjuran Pemerintah tersebut yaitu memberlakukan Guru dan Karyawan bekerja di rumah (Work From Home) dan Siswanya belajar dari rumah (BDR).
Dengan mempertimbangkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Surat edaran Dikpora DI.Yogyakarta SMK Kesehatan Binatama mengeluarkan surat edaran terkait hal-hal yang harus diperhatikan pada saat WFH. Jadi, walaupun WFH guru dan karyawan tetap bertanggungjawab atas tugasnya masing-masing terutama pembelajaran supaya dapat tercapai dengan maksimal, koordinasi antar wali kelas, orangtua dan siswa serta pelayanan sekolah dengan menerapkan piket bergilir dengan mematuhi protocol kesehatan. Terkait dengan hal tersebut pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru pun dilayani juga secara online sehingga calon siswa dapat mendaftar dari rumah. Dengan WFH ini dintruksikan kepada Guru, Karyawan, siswa dan elemen sekolah lainnya untuk dapat membagikan informasi PPDB lewat media social masing-masing. Semua informasi terkait dengan SMK Kesehatan Binatama dikemas dan dikembangkan dalam Aplikasi Android yang sudah kami miliki yaitu Binatama School 4.0. Fitur-fitur yang ada di dalamnya antara lain Official Website, pelayanan PPDB, Profil Alumni, Bursa Kerja Khusus, E-learing meliputi Online Class, Online Test, dan E-presensi Online dari Rumah, Data Online meliputi Data Siswa dan Data Guru, Perpustakaan Digital untuk mengakses dan menambah sumber bacaan, dan Fitur media online seperti TV, Youtube.
Banyaknya tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan terkadang memaksa sebagian orang kehilangan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi terutama keluarga. Namun, dengan adanya kebijakan Work From Home, seseorang dapat lebih mudah membagi perannya selain untuk bekerja juga bisa menjalankan kehidupan pribadinya tanpa beban. Kita jadi memiliki lebih banyak waktu luang, entah untuk me-time atau untuk berkumpul bersama keluarga apalagi untuk anak-anak tercinta di rumah. Nah ini yang disebut dengan Work Life Balance yaitu keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi menjadi ibu rumah tangga. Awal mula WFH pasti sebagian Ibu merasa kewelahan, di rumah harus membagi antara pekerjaan dan mengurus anak serta pekerjaan rumah tangga. Selama pandemic ini menjadi suatu hal yang sangat luar biasa kita menjadi terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga yang bisa dikatakan nonstop selama 24 jam. Bagaimana Work Life Balance itu dapat terselesaikan semuanya, tentu harus kita nikmati dengan sebuah kebahagiaan terutama melibatkan anak dalam aktivitas apapun. Asyiknya menikmati masa-masa Work Life Balance antara lain:
1. Bagun pagi seperti biasa dengan melakukan aktifitas seperti biasa.
2. Full time untuk anak-anak kita di rumah dari pagi sampai pagi lagi sehingga dapat melakukan pendampingan secara maksimal misal mendampingi belajar menggambar, bernyanyi, beribadah, memandikan anak, menyuapi makan dan bermain. Yang biasanya waktu pagi sampai sore kita bekerja di sekolah dengan adanya pandemic ini kita bisa full dengan anak-anak di rumah, itu sesuatu keberuntungan buat para si ibu untuk mengikuti perkembangan putera – puterinya.
3. Melibatkan anak dalam mengurus rumah tangga misal menyapu, mencuci pakaian, menata tempat tidur.
4. Berdiskusi dengan siswa melalui goggle classroom dan whatshap grup tidaklah mudah tidak seperti tatap muka langsung dengan siswa. Kita sebagai pendidik tidak hanya mengajar pada waktu yang sudah ditentukan akan tetapi dalam Work From Home ini kita juga dapat memberikan pelayanan 24 jam ketika sewaktu-waktu siswa membutuhkan. Belum lagi jika anak kita minta ditemani dalam bermain sedangkan kita ada jadwal mengajar. Dari situ kadang kita ingin menjadi manusia yang bisa membelah diri hehe satu belahan untuk anak satu belahan untuk siswa.
5. Melakukan hobi baru misal membuat video tiktok, berkebun dan memasak masakan yang jarang kita masak
6. Mengikuti seminar online dan kegiatan online lainnya
7. Bersilaturahim dengan keluarga besar melalui Video Call, zoom dan lainnya
8. Makan makanan yang bergizi dan lebih teratur, berolahraga di dalam rumah

Demikian asyiknya kita selama Work From Home . Semua pekerjaan dan keluarga dapat terselesaikan semua dalam satu waktu kuncinya adalah seimbang dan selalu bahagia. Mudah-mudahan pandemic ini segera berlalu. Mari kita bersatu melawan Covid-19!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *