EKSTRAKURIKULER WAJIB NERSPRENEUR DAN FARMAPRENEUR SMK KESEHATAN BINATAMA DI MASA PANDEMI

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tidak lepas dari amanah Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Binatama memiliki komitmen kuat untuk mengimplementasikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pada masa pandemi yang secara umum dilakukan secara virtual atau daring (dalam jaringan). Adapun pelaksanaan ekstra di Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Binatama dilaksanakan di hari Sabtu pagi dengan peserta dari siswa kelas XI Keperawatan/ Farmasi.
Media yang digunakan adalah Google Meet, Zoom Meeting, YouTube dan group WhatsApp untuk menyampaikan materi, video, dan media berdiskusi secara interaktif. Siswa mengumpulkan portofolio dan lembar kerjanya melalui media google form. Masing-masing Program Keahlian dibimbing oleh guru dari produktif masing –masing. Materi yang diberikan oleh guru pembimbing terkait dengan pembuatan produk kreatif berbahan alam seperti produk pangan tradisional ataupun kekinian, produk kosmetika seperti face mist, masker, lulur, produk obat tradisional seperti minyak angin aromaterapi Pharma Care dan juga diajarkan keterampilan pemeriksaan darah meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, kadar haemoglobin, dan tanda vital seperti pemeriksaan tekanan darah.Pelaksanaan Ekstrakurikuler Wajib Nerspreneur dan Farmapreneur di masa pandemi Covid-19 merupakan perwujudan sikap keterampilan sesuai dengan Kurikulum 2013 yang didukung oleh teknologi. Hal ini ada keterkaitan dengan pengembangan sikap dan kecakapan dalam pendidikan kewirausahaan. Kegiatan ektrakurikuler ini merupakan wahana penguatan psikologis, sosial, kultural, sesuai dengan 6 karakter dasar pelajar Pancasila yaitu bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, kebhinekaan global, dan berakhlak mulia.

Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Binatama akan terus berusaha memperbaiki sistem pelaksanaan ekstrakurikuler di semester selanjutnya, dengan harapan supaya para peserta didik semakin bersemangat untuk mengasah dan menggali potensi diri mereka secara mandiri dan merdeka. Muara dari kegiatan yang diupayakan secara maksimal oleh sekolah adalah meningkatkan kemampuan diri dan keterampilan para lulusan SMK Kesehatan Binatama demi kesuksesan mereka di kancah nasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *