Expo Produk Kreatif Melatih Siswa Dalam Berwirausaha

Dalam rangka mengembangkan kreativitas siswa, SMK Kesehatan Binatama mengadakan Uji Kompetisi Produk Kreatif yang diadakan selama tiga hari mulai tanggal 18-20 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa kelas X baik dari Program Keahlian Keperawatan maupun Farmasi yang dibagi menjadi 16 kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 4-6 siswa dan satu guru pembimbing. Siswa diberi kebabasan dalam menuangkan ide produk yang akan dibuat mulai dari makanan, minuman, maupun produk yang berhubungan dengan program keahlian.

Hari pertama, siswa membuat produk yang akan dibuat, sebelumnya sudah didiskusikan dengan kelompok dan guru pembimbing masing-masing. Proses pembuatan mulai dari bahan mentah hingga jadi. Hari kedua, kegiatannya yakni mengemas produk yang telah dibuat. Mulai dari mengemas ke dalam botol, plastik, maupun tas kertas yang nantinya akan ditempelkan stiker. Siswa juga mempersiapkan yang nantinya akan dijadikan untuk Display Expo Produk Kreatif Siswa, karena produk hasil buatan siswa akan dipamerkan dalam satu ruangan yang sudah dibagi sesuai stand masing-masing. Di hari ketiga atau terakhir, siswa diminta untuk menampilkan atau memamerkan produk hasil karyanya. Selain itu, salah satu perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan produk yang telah dibuatnya. Sebanyak 16 stand dipamerkan siswa di ruangan RPS. Produk yang dipamerkan beragam, mulai dari Ti Amor Citrus Essence, Rose Body Scrub, Dolerami Healthy Diet Drink, Kembang Drink dari bunga Telang, Hot Traditional Ginger Coffee, Keripik Regedek dari daun Pegagan, Miss Pare yaitu keripik Pare, Little Queen yaitu masker dan cuka buah Apel, Taw Taw Tahu yaitu keripik Tahu, Camilan “Kriwik Kriwik” yaitu keripik Sawi, Domino Cookies, Girls Squad yaitu teh kulit salak dan sirup buah salak, Mie Janda Unyu yaitu mie yang terbuat dari Ubi Ungu, Masugar yaitu masker wajah Green Tea, Yogurt Lidah Buaya, dan Carrot Nugget.

Produk-produk tersebut kemudian dinilai oleh dewan juri yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu Presentasi dan Stand Terbaik dan Produk dan Packaging Terbaik. Masing-masing program keahlian diambil dua kategori. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Tujuan diadakannya kegiatan ini yakni mengasah ide kreatif siswa dalam bereksperimen selain itu dapat melatih siswa dalam berwirausaha. Karena SMK mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan, contohnya berwirausaha. Rencananya kegiatan ini akan diadakan minimal setahun sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *