HASIL UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI (USK ) SMK KESEHATAN BINATAMA 100 % KOMPETEN

SMK Kesehatan Binatama melaksanakan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) bagi para siswa kelas XII. Sertifikat Kompetensi yang nanti diperoleh oleh para peserta USK ini dapat dipergunakan sebagai bekal mereka terjun ke dunia kerja sebagai asisten tenaga kesehatan sesuai bidang kompetensinya.
Uji Sertifikasi Kompetensi di SMK Kesehatan Binatama diselenggarakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 15 hingga 18 Maret 2021. Para peserta sesuai kompetensi bidang masing-masing, yaitu 32 asesi Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas, serta 49 asesi bidang Kompetensi Asisten Keperawatan.
Para penguji pada USK ini adalah dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSP-P3) ASNAKES INDONESIA yang sudah memiliki sertifikat sebagai asesor yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Sehingga dalam melakukan asesmen terhadap para peserta dapat berlaku independen, berintegritas tinggi, dan profesional.
Karena dilaksanakan dalam masa pandemi COVID-19, USK tahun ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, baik untuk para peserta, penguji maupun panitia yang bertugas. Selain menggunakan APD lengkap, ruangan tempat Uji Sertifikasi Kompetensi pun dilakukan desinfeksi sebelum dan sesudah asesmen berlangsung. Pembagian kelompok peserta disesuaikan dengan kapasitas ruang ujian, sehingga menghindari kerumunan dan mobilitas para peserta dan penguji selama USK.
Dari hasil USK diperoleh hasil berupa rekomendasi KOMPETEN dari para asesor untuk selanjutnya diajukan kepada LSP ASNAKES Indonesia untuk dapat diterbitkan Sertifikat Kompetensi bagi peserta yang dinyatakan kompeten.
Apoteker Vlorent Anggi De Karos, S.Farm yang merupakan asesor LSP Asnakes mengatakan, “Apresiasi sekali dan hebat bahwa tahun ini Farmasi SMK Binatama yang pertama melaksanakan Uji Kompetensi dari LSP ASNAKES di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta”.
Hasil asesmen dari 81 peserta USK bidang Keperawatan dan Farmasi, seluruhnya direkomendasikan oleh para asesor untuk mendapatkan sertifikat kompetensi. Semoga sertifikat kompetensi yang didapatkan nantinya dapat memudahkan para alumni untuk mendapatkan pekerjaan sesuai bidang kompetensinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *