ORIENTASI DAN SERAH TERIMA PESERTA PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Pada hari Senin, 21 Juni 2021 dilaksanakan kegiatan serah terima peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang terdiri dari siswa kelas XI program keahlian keperawatan dan farmasi kepada pihak industri dunia usaha, dunia kerja (IDUKA). Acara serah terima siswa PKL ini dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas XI didampingi oleh masing-masing guru pembimbing sekolah di 15 lokasi untuk IDUKA keperawatan dan 13 lokasi IDUKA farmasi.
Menurut apt Diana Prastiwi S.Farm selaku ketua panitia PKL SMK Kesehatan Binatama, dengan adanya praktek kerja lapangan ini diharapkan siswa dapat lebih siap dan mengetahui seperti apa gambaran IDUKA (Industri, Dunia Usaha Dunia kerja) setelah mereka lulus nanti, serta mengasah dan menambah ilmu pengetahuan yang akan didapat dari IDUKA secara langsung. Selain itu dengan PKL ini diharapkan siswa dapat mengambil manfaat dari PKL sebagai wujud nyata implementasi kurikulum sekolah di IDUKA yang selama ini di sekolah hanya berupa teori. Tujuan Praktek Kerja Lapangan untuk mengenalkan siswa dengan tempat kerja yang nyata, sebagai link and match antara kurikulum sekolah dengan IDUKA, siswa menerapkan langsung etika, skill, tata cara berkomunikasi, bersosialisasi secara nyata di IDUKA, dan tentunya mengasah etos kerja.
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan berlangsung tanggal 21 Juni – 11 September 2021. Jumlah peserta PKL kali ini adalah sebanyak 61 siswa keperawatan dan 34 siswa farmasi. IDUKA yang menjadi tempat praktik siswa adalah sebanyak 26 tempat yang tersebar di berbagai wilayah di Sleman, terdiri dari rumah sakit, klinik, dan apotek. Pada saat Praktek Kerja Lapangan tersebut siswa memiliki tanggungjawab seperti mengisi jurnal kegiatan dan melengkapi presensi melalui jurnal kegiatan. Selanjutnya pada Bulan Agustus 2021 siswa diharapkan dapat menyelesaikan laporan PKL. Kelengkapan nilai akhir yang diperoleh dari kumulatif nilai dari IDUKA dan nilai laporan, sebagai syarat kenaikan kelas dari tingkat XI ke XII.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *