PEMANTAPAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI PROGRAM KEAHLIAN KEPERAWATAN MASA PANDEMI COVID-19 SECARA ONLINE

Dalam rangka pelaksanaan pemantapan materi menghadapi Ujian Sertifikasi Kompetensi bersama Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ASNAKES Indonesia, SMK Kesehatan Binatama konsisten menjaga mutu dengan tetap melaksanakan kegiatan pemantapan materi secara online. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar siswi-siswi kelas XII Keperawatan tetap dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dengan cara melihat perkembangan keterampilan, dan untuk memastikan bahwa kompetensi siswa terealisasi sesuai target dengan 18 unit kompetensi yang merujuk pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

Mengingat saat ini dalam masa Pandemi Covid-10 (PSBB), maka pelaksanaan pemantapan materi menghadapi Ujian Sertifikasi Kompetensi ini menggunakan sistem online (metode daring). Kegiatan ini dilaksanakan untuk semua siswi kelas XII Keperawatan sebagai rangkaian persiapan menempuh Uji Sertifikasi Kompetensi tahun 2021. Pelaksanaan kegiatan pemantapan materi metode daring ini dilaksanakan mulai dari tanggal 8 Februari 2020 sampai dengan tanggal 11 Februari 2021, dimulai jam 08.00-12.00 WIB. 

Dalam pelaksanaan pemantapan materi metode daring ini, satu pembimbing dihadapkan dengan siswi yang sama dalam memberikan materi praktik dengan menggunakan teknis penguatan materi TPD (Tes Praktik Demontrasi) 1, TPD 2, dan TPD 3, sehingga dari masing-masing pembimbing dapat mengetahui perkembangan siswi ketika mendampingi dalam materi TPD 1, TPD 2, dan TPD 3. Saat berlangsungnya masa pandemi Covid-19 (PSBB) ini, maka dengan adanya sosialisasi kepada orang tua/wali siswi merupakan hal yang sangat penting sehingga menunjang adanya kegiatan pelaksanaan pemantapan materi dengan metode daring. Sebelum pelaksanaan daring dimulai, siswi menyiapkan alat dan bahan ketika akan melakukan kegiatan TPD, harapannya pada saat berlangsungnya kegiatan praktik dari rumah berjalan dengan lancar. 

Pelaksanaan kegiatan daring ini diikuti sejumlah 49 siswi selama 4 hari, yang dibagi menjadi 6 kelompok, satu pembimbing membersamai 8-9 siswi dalam pendampingan secara daring. Saat membimbing siswi, guru menekankan pada materi-materi dan praktik pada TPD 1, TPD 2, dan TPD 3, sehingga selain siswi dapat praktik mandiri di rumah dengan pendampingan pembimbing tetapi juga dapat berdiskusi secara langsung bersama-sama secara online.

 

Salam Super & semoga tetap semangat. Just In Time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *