PEMBEKALAN DUTA UKS SMK KESEHATAN BINATAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Usaha Kesehatan di Sekolah (UKS) merupakan salah satu sarana penting untuk meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola perilaku hidup bersih dan sehat di tingkat sekolah baik dasar maupun lanjutan. Guna memenuhi tujuan tersebut, SMK Kesehatan Binatama mengadakan Pembekalan Duta UKS untuk siswa kelas X Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi  yang merupakan salah satu program unggulannya..

Dalam program Duta UKS , peserta didik tidak hanya berperan sebagai objek penerima layanan kesehatan, tetapi juga sebagai subyek, bersama dengan warga sekolah lainnya yaitu para guru, pegawai, komite sekolah, dan para orang tua siswa yang berperan dalam meningkatkan kesehatan dan mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Dalam merealisasikan programnya, SMK Kesehatan Binatama melaksanakan Pembekalan Duta UKS mulai hari Kamis sampai dengan Sabtu tanggal 2-4 Januari 2020. Pemateri kegiatan ini bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan dan Politeknik Kesehatan Karya Husada.

Pembekalan Duta UKS dibuka oleh Kepala SMK Kesehatan Binatama yaitu  Nuri Hastuti, SP. Acara dilanjutkan dengan materi pengertian, kebijakan, tugas dan fungsi UKS disampaikan oleh Sutrisno, S.Farm., Apt. Materi kedua mengenai komunikasi, cara penyuluhan kesehatan yang baik, dan membuat satuan acara penyuluhan (SAP) yang disampaikan oleh Rendi Ariyanto Sinanto, S.Kep. Materi ketiga adalah tentang TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja, kesehatan gigi, mulut, telinga, mata, dan praktik mencuci tangan disampaikan oleh Larasajeng Permata Sari, S.Tr.Keb. Materi terakhir mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Swamedikasi disampaikan oleh Kurnia Yuliawati, S.Si., Apt.

Pembekalan Duta UKS hari kedua diisi materi mengenai tanaman obat Indonesia disampaikan oleh Tieto Ramadhona, S.Si., Apt dan materi tentang pengembangan kepribadian dan praktik senyum, sapa, salam, sopan dan santun yang disampaikan oleh Agustina Surani, S.Kep., Ners. Acara hari kedua dilanjutkan dengan latihan pemeriksaan tanda-tanda vital dan pemeriksaan gula darah sewaktu.

Pada hari terakhir pembekalan duta UKS, siswa dibekali dengan pemateri dari Poltekes Karya Husada. Materi yang disampaikan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), cara evakuasi korban kecelakaan, praktik mengevakuasi pasien tidak sadar dengan menggunakan tandu darurat ataupun tanpa menggunakan tandu dan penanganan cidera jaringan lunak.

Setelah mendapat pembekalan, mereka resmi menjadi duta usaha kesehatan sekolah yang akan bertugas setiap hari Senin di sekolah sasaran secara bergilir menjalankan program kesehatan dan lingkungan sekolah seperti selalu melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), baik di sekolah dan pribadi mereka utamanya. Lalu saat apel Senin akan dilibatkan untuk membantu siswa yang sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *