PERINGATAN SUMPAH PEMUDA SMK KESEHATAN BINATAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Mungkin dari kita tidak asing lagi mendengar dengan sebutan Bulan Bahasa. Berdasarkan data Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah bahasa daerah di Indonesia sangat beragam, yaitu sebanyak 652 bahasa. Maka dari itu kemendikbud dan lembaga-lembaga lainnya menetapkan Nama Bulan Bahasa yang diadakan setiap tahun nya pada tanggal 28 Oktober. Sejarah Bulan Bahasa mengatakan dipilihnya bulan Oktober karena merujuk pada Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda yang ditetapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 itu, mengandung bunyi yang menegaskan bila bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu di antara banyaknya suku maupun etnis di Indonesia. Untuk memperingati istimewanya bulan ini, SMK Kesehatan Binatama mengadakan beberapa lomba untuk siswa. Adapun lomba tersebut adalah lomba membuat Puisi dan Essay, wajib untuk semua siswa baik kelas (X, XI dan XII).
Berdasarkan penilaian dari tim Juri lomba, siswa yang telah memenangkan lomba puisi dan Essay :
Kelas X (Puisi) : Octa Niky Sahita kelas X F
XI (puisi) : Khoyrina Syahri kelas XI F
XII (puisi : Wiken Ayu kelas XII F
XI (essay): Fani Puspita Sari kelas XI KP1
XII essai : Vhira Agustine kelas XII KP2
Menurut Nuri Hastuti,SP selaku Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama, tujuan diadakan lomba ini bukan hanya untuk memperingati 92 tahun Sumpah Pemuda ataupun sebagai salah satu motivasi gerakan literasi, melainkan juga untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia.
Cara mengembangkan dan melestarikannya adalah dengan berbicara dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, menghindari penggunaan bahasa gaul maupun asing. Tak kalah pentingnya, kita juga harus membaca buku-buku berbahasa Indonesia. Mulai cintailah produk dalam negeri dengan membaca buku original anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *