SMK KESEHATAN BINATAMA SUKSES LAKSANAKAN ASESMEN NASIONAL 2021

SMK Kesehatan Binatama menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 pada  tanggal 22 dan 23 September 2021. Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Pada Asesmen Nasional ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 22 s.d 23 September 2021, terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi 1 dari pukul 07.30 s.d pukul 09.30 dan sesi 2 dari pukul 10.30 s.d pukul 12.30. Pelaksanaan ANBK 2021 menggunakan 2 ruang Laboratorium Komputer.  Daftar peserta ANBK ditentukan langsung oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar) dan untuk pengawas silang ditentukan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah di wilayah kabupaten Sleman.
Persiapan yang dilakukan SMK Kesehatan Binatama untuk sukses ANBK 2021 antara lain sekolah mengadakan simulasi dan Gladi Bersih dibulan Agustus dan September 2021, sekolah juga memberikan sosialisasi pelaksanaan ANBK melalui video kepada siswa dan orang tua, sekolah membentuk panitia ANBK 2021 yang terdiri dari tim inti, tim tempat dan perlengkapan yang bertugas mempersiapkan dari tempat, peralatan, selain tu juga sekolah membentuk tim PPK dan pengkondisian. Tim yang istimewa pada ANBK tahun 2021 adalah tim PPK dan pengkondisian siswa. Tim PPK dan pengkondisian ini bertugas untuk mengkoordinir dan memastikan siswa dalam pelaksanaan PPK (Tadarus/Do’a), mengecek kedatangan siswa dan memastikan tidak ada siswa yang terlambat, mengkondisikan siswa yang tidak bisa hadir dengan menggantikan siswa cadangan (siswa cadangan ditentukan oleh sistem),  pengecekan kesehatan siswa , mengkondisikan siswa tetap menjalankan protokol kesehatan, mengkondisikan HP siswa disimpan di countener Hp dan tetap berada di ruang transit, serta membagikan susu dan makanan kepada siswa.
Secara keseluruhan menurut Nuri Hastuti,SP selaku kepala sekolah SMK Kesehatan Binatama, ANBK tahun 2021 ini berjalan dengan lancar dan sukses, tidak ada kendala baik dari komputer, laptop, internet maupun jaringan listrik. Walapun demikian dari sekolah sudah mempersiapkan laptop cadangan, jenset dan backup kuota internet untuk solusi jika ada masalah  pada saat ANBK berlangsung. 2021 ini semua komputer tidak ada masalah yang berarti. Dengan demikian, semoga para  peserta didik mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *