VERIFIKASI TEMPAT UJIAN KOMPETENSI KEAHLIAN SMK KESEHATAN BINATAMA

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Ujian Kompetensi Keahlian dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat Ujian yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat Ujian kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat Ujian kompetensi oleh koordinator UKK Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat Ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta Ujian dapat berlatih menggunakan perangkat Ujian tersebut sebelum pelaksanaan Ujian.

Pada hari Selasa, tanggal 5 Februari 2021, SMK Kesehatan Binatama menerima kunjungan verifikasi tempat pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman yang dilakukan oleh tim verifikator yaitu Sri Suryani, M.Pd., Estika Widiatni, M.Pd., dan Heri Sujana, M.Pd.

Kegiatan ini bertujuan untuk memverifikasi kesiapan dan kelayakan Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Binatama dalam menyelenggarakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Dalam pelaksanaan verifikasi ini, tim verifikasi mengunjungi Laboratorium Keperawatan dan dilanjutkan ke Laboratorium Farmasi. Di laboratorium tersebut tim verifikasi ditunjukkan berbagai macam peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam UKK, termasuk persiapan administrasi terkait perangkat penilaian siswa. Secara umum perangkat Ujian Kompetensi Keahlian terdiri atas :
Soal Praktik Kejuruan, Pedoman Penilaian Soal Praktik dan Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Kompetensi Keahlian.
Setelah memverifikasi tempat dan dokumen administrasi berdasarkan instrumen penilaian verifikasi kelayakan, Tim Verifikasi memberikan rekomendasi hasil sangat layak kepada Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi untuk menyelenggarakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *