WABAH VIRUS CORONA, UNBK SMK KESEHATAN BINATAMA TETAP BERJALAN

Sleman-Pelaksanaan UNBK di SMK Kesehatan Binatama berlangsung selama 4 hari yakni dimulai tanggal 16 – 19 Maret 2020. UNBK 2020 diikuti 126 peserta yang terdiri dari 76 siswa Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan 50 siswa Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas yang pelaksanaannya terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama pukul 07.30 – 09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.30 – 12.30 WIB.

Ada yang berbeda di SMK Kesehatan Binatama dengan sekolah lain, siswa diharapkan hadir di Sekolah 1 jam sebelum pelaksanaan UNBK. Tujuannya supaya siswa lebih terkondisikan ketika akan memasuki ruangan ujian.

“Sebelum pelaksanaan UNBK siswa dikondisikan di tiga ruang transit sesuai dengan pembagiaannya. Masing-masing ruang transtit didampingi panitia PPK dan Pengkondisian serta Sie Pemantapan.  Kami siapakan tim khusus PPK dan Pengkondisian tujuannya untuk mengkondisikan siswa pada saat kedatangan untuk sarapan bersama, minum susu, Sholat Dhuha, berdoa, dan pengecekan atribut seragam sekolah. Selain itu, juga dilakukan pengecekan sebelum masuk ruang ujian supaya tidak ada pelanggaran yang membawa sesuatu ke ruang ujian kecuali pulpen. Sedangkan Sie Pemantapan adalah guru mapel UN, jadi ketika siswa ada yang belum memahami materi, esok harinya di sekolah bisa bertanya kepada guru mepel tersebut. Inilah trik usaha dari sekolah agar hasil UN memuaskan dan sesuai dengan harapan., Aamin.“ jelas Galang Eko Prasetyo, S.Pd. selaku Waka Kurikulum dan Koordinator UNBK.

Ujian Nasional di SMK Kesehatan Binatama dilaksanakan sesuai dengan ketentuan di POS UNBK NOMOR: 0053/P/BSNP/I/2020  Tahun Pelajaran 2019/2020.  Adapun tujuan dilakukannya Ujian Nasional adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebelum melaksanakan UNBK, juga dilakukan serangkaian sosialisasi POS Ujian Nasional kepada guru, siswa, dan orang tua siswa beserta Achievement Motivation Training (AMT) dan doa bersama pada bulan Februari 2020. Harapannya dengan adanya sosialisasi POS UN kepada seluruh warga sekolah dan orang tua, memberi pemahaman tentang penyelenggaraan UNBK tentang prosedur, tata tertib siswa, jadwal ujian, jadwal susulan, kriteria lulusan, SKL, dan lain sebagianya.

“Meskipun tengah terjadi wabah virus corona yang telah masuk ke Indonesia, pelaksanaan UNBK 2020 di SMK Kesehatan Binatama tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan melakukan protokol penyebaran virus corona atau Covid-19 saat UNBK 2020 di antaranya adalah sebelum masuk ruangan panitia mengecek suhu badan peserta ujian, peserta ujian menggunakan pulpen sendiri pada saat mengisi daftar hadir, mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alcohol yakni menggunakan handsanitizer sebelum dan sesudah ujian.’’ jelas Nuri Hastuti, SP selaku Kepala Sekolah.

Pelaksanaan hari pertama UNBK Senin, 16 Maret 2020, peserta didik hadir 100% dengan kondisi sehat.  SMK Kesehatan Binatama mendapatkan kunjungan sekaligus monitoring pelaksanaan UNBK oleh Dr. Abdul Haris, M.Sc. selaku Kepala Seksi Evaluasi, Subdit Program dan Evaluasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam kunjungannya beliau berpesan di dalam maraknya berita tentang Covid-19 diusahakan sekolah tetap menghiimbau seluruh warga sekolah terutama siswa untuk selalu menjaga kebersihan, kesehatan, mencuci tangan menggunakan sabun, dan handsanitizer untuk selalu disediakan. Yang terpenting untuk melakukan protokol penyebaran virus corona atau Covid -19 selama UN berlangsung. Harapannya untuk pelaksanaan 3 hari ke depan dapat terlaksana dengan lancar dan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *