WORKSHOP PEMANFAATAN IT DALAM PEMBELAJARAN DAN PENYUSUNAN MODUL BAGI GURU SMK KESEHATAN BINATAMA

Seiring dengan perkembangan jaman maka bahan ajar tidak semata hanya dalam bentuk modul ataupun buku. Saat ini banyak bahan ajar yang dikembangkan dengan menggunakan media pembelajaran secara online, salah satunya adalah media pembelajaran online.

Pemanfaatan teknologi media online dalam pembelajaran diharapkan membawa perubahan pula pada pendekatan mengajar dan belajar. Dengan memanfaatkan teknologi dan informasi (media online) tersebut, pembelajaran dapat dibuat menjadi jauh lebih menarik, efektif dan efisien jika dirancang dengan baik.
Salah satu program peningkatan kemampuan guru dalam SMK Kesehatan Binatama pengembangan dan pemberdayaan pendidik dalam pemanfaatan IT sesuai dengan perkembangan jaman. Sehubungan dengan hal tersebut maka SMK Kesehatan Binatama mengembangkan model pembelajaran berbasis online. Untuk mendukung pembelajaran berbasis online maka diadakan workshop pemanfaatan IT dan E-modul.
Workshop pemanfaat IT dan penyusunan modul pembelajaran dilaksanakan 16 Oktober 2020 dan diikuti oleh guru-guru SMK Kesehatan Binatama. Workshop pemanfaatan IT dan penyusunan modul pembelajaran ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan workshop ini diikuti oleh guru-guru sebagai upaya terciptanya modul pembelajaran yang berguna untuk menjembatani proses pembelajaran di tengah situasi pandemi Covid-19, di mana pembelajaran masih dilakukan secara daring. Selain itu pemanfaatan IT oleh guru merupakan hal penting dalam pembelajaran daring yang saat ini berlangsung. Modul pembelajaran juga memudahkan bagi siswa dan guru. Pembelajaran di masa pandemi yang sedang berlangsung saat ini siswa diminta untuk belajar mandiri di rumah, sehingga dengan adanya modul pembelajaran yang disusun oleh guru bisa sebagai sarana siswa dalam belajar mandiri di rumah. Pemanfaatan IT dan penyusunan modul bersinergi dalam menyukseskan pembelajaran daring di masa pandemi
Workshop pemanfaatan IT dan penyusunan modul diawali dengan sambutan dari Ibu Kepala SMK Kesehatan Binatama yakni Ibu Nuri Hastuti, SP, dan dilanjutkan oleh pemateri workshop Pemanfaatan IT yaitu Bapak Galang Eko Prasetyo, S.Pd sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan Penyusunan Modul oleh Ibu Ratna Siwi Yunanta, S.Pd. diakhiri dengan sesi jawab pemanfaatan IT dan penyusunan modul. Dengan mengikuti workshop pemanfaatan IT dan penyusunan modul pembelajaran ini guru-guru memperoleh tambahan wawasan dan kemampuan dalam hal teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran daring dan pengetahuan dalam menyusun modul yang baik. Harapannya setelah mengikuti workshop pemanfaatan it dan penyusunan modul ini bisa lebih menjadikan guru-guru SMK Kesehatan Binatama inovatif dalam mempersiapkan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *