TINGKATKAN KOMPETENSI GURU, SMK KESEHATAN BINATAMA GELAR SEMINAR PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI

SMK Kesehatan Binatama, mengadakan Seminar Penguatan Kompetensi Guru pada Sabtu 2 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB  di Ruang Guru SMK Kesehatan Binatama.  Seminar digelar dengan teknis hybrid, yaitu 50% peserta secara tatap muka dan 50% peserta mengikuti seminar melalui google meet dari rumah masing-masing. Acara pembukaan seminar dihadiri oleh Kepala SMK Kesehatan Binatama Nuri Hastuti,SP serta  narasumber seminar yaitu Arif Yudistira, S.Pd selaku Direktur School Management juga sosok penulis buku, penulis di media cetak dan elektronik.
Menurut Nuri Hastuti,SP dalam sambutannya tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan literasi dan numerasi bagi guru SMK Kesehatan Binatama serta dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar kepada para siswa.  Diskusi interaktif terlihat  antara narasumber dan 36 peserta baik yang tatap muka maupun online. Topik diskusi  antara lain trik dan tips bagaimana supaya siswa sadar akan literasi, menyikapi jika ada siswa yang melakukan plagiatisme dan lain sebagainya.
Disela-sela diskusi Nuri Hastuti, SP selaku Kepala Sekolah mengungkapkan “Upaya untuk meningkatkan kompetensi literasi siswa  SMK Kesehatan Binatama antara lain melaksanakan kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan Literasi Sekolah  dilaksanakan satu minggu sebanyak dua kali. Pada kegiatan ini siswa diminta untuk melakukan literasi membaca majalah, koran, novel yang ada di perpustakaan sekolah maupun binatama pustaka (perpustakaan digital yang dimiliki SMK), melihat youtube  dan lainnya. Siswa diwajibkan untuk membaca, meresume apa yang sudah dibaca dan dituliskan dibuku GLS masing-masing, sehingga kalau siswa sudah dipaksa hal ini akan menjadi sebuah kebiasaaan yang bisa melekat pada siswa itu sendiri, dan akhirnya akan menjadi budaya dan siswa akan semakin sadar pentingnya literasi dimasa yang akan datang. Untuk mendukung program tersebut, SMK Kesehatan Binatama membentuk tim Gerakan Literasi Sekolah yang terdiri dari Kesiswaan, BK  dan wali kelas. Tim ini bertugas  mengontrol kegiatan setiap harinya. Selain itu untuk menumbuhkan semangat literasi juga kami berikan reaward bagi siswa yang disiplin”
oleh Ulfiyah, S.Pd. SMK Kesehatan Binatama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *