DOLANAN TEMPO DOELOE DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI SLEMAN KE-106

IMG 20220523 WA0023 - DOLANAN TEMPO DOELOE DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI SLEMAN KE-106

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang berperan sebagai pembentuk dan pendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari cara kebudayaan bangsa tersebut dapat mengenal,  menghargai, dan dapat memanfaatkan serta terus meningkatkan  kualitas pendidikan masyarakatnya khususnya pada peserta  didik.

Penguatan pendidikan karakter pada siswa merupakan hal yang sangat penting, apalagi dizaman modern seperti ini, banyak dari peserta didik yang hanya lebih senang bermain gadget, apalagi sampai menghabiskan uang saku untuk bermain game on line. SMK Kesehatan Binatama memperkenalkan kepada siswa/i bahwa permainan zaman dulu tidak kalah menarik dengan permainan zaman sekrang, bahkan permainan zaman dulu bisa lebih meningkatkan solidaritas, kerja sama tim, dan meningkatkan jiwa sosialisasi terhadap sesama.

Dari beberapa contoh dolanan tempo dulu adalah, permainan lompat karet, dakon, gasing, ular tangga, monopoli, kelereng, Enggrang bambu, enggrang batok kelapa, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilaksanakan setiap sebulan sekali atau diminggu ke 3, yang mana walikelas membagi setiap siswa untuk membuat kelompok bermain. 

Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut, bisa melestarikan budaya  yang ada di Indonesia, tidak hilang dimakan waktu, bahkan kita berharap bisa melestarikan, meneruskan, dan mengembangkan aneka ragam budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *