KEGIATAN ZAKAT FITRAH SMK KESEHATAN BINATAMA TAHUN 1443 H

SAVE 20220427 152536 - KEGIATAN ZAKAT FITRAH SMK KESEHATAN BINATAMA TAHUN 1443 H

Meskipun pelaksanaan puasa di bulan Ramadhan tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya akan tetapi semangat siswa dalam berzakat tetap tinggi. Kegiatan wajib yang dilakukan sekolah pada tiap ramadan ini berjalan dengan lancar.
Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan bentuk partisipasi terhadap terselenggaranya zakat fitrah secara optimal, melalui kepanitiaan yang di bentuk di SMK Kesehatan Binatama, menawarkan jasa pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah dari siswa kepada pihak-pihak yang berhak menerima zakat fitrah. Sebagai contoh siswa SMK Kesehatan Binatama melaksanakan pembayaran zakat fitrah disekolah, yang nantinya akan diolah dan didistribusikan kepada orang yang berhak menerima zakat fitrah tersebut.
Bapak Ghotama Pamungkas, M.Pd.I selaku wakil kepala sekolah urusan kesiswaan mengakatan bahwa salah satu pentingnya pelaksanaan zakat disekolah adalah agar siswa dapat mengerti dan praktik langsung bagaimana cara pengolahan zakat dan mendistribusiakan zakat, karena dikelas mereka belajar teori zakat maka dilapangan mereka belajar praktik zakat. Selain itu juga dengan zakat fitrah dapat menumbuhkan kepekaan social kepada masyarakt sekitar.
Pihak sekolah menawarkan kepada siswa/i nya agar dapat menyalurkan zakat fitrah melalui kepanitiaan di sekolah. Himbauan ini telah diumumkan diawal bulan ramadhan kemarin. Para siswa diberi pilihan untuk membayar dalam bentuk uang atau beras. bagi siswa yang ingin membayar zakat dengan uang, ya silahkan, tapi bagi siswa yang ingin mengeluarkan zakatnya beras, yaitu dengan sebesar 2,5 kg”,
Roja Syarifah selaku ketua ROHIS panitia zakat menambahkan bahwa zakat dalam bentuk beras sebanyak 2,5Kg sedangkan untuk zakat berbentuk uang sebesar Rp.30.000,- “Pembayaran zakat ini sudah dimulai dari hari Senin, 11 April 2022 sampai dengan hari Jum’at 22 April 2022.
Dari hasil pengumpulan dan donasi zakat disekolah terkumpul beras sebanayak 35 Kg beras dan uang sebesar Rp. 2.025.000 (Dua Juta Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) yang kemudian uang tersebut diolah, dan untuk pembagian zakat fitrah kepada orang yang berhak menerima baik dari siswa dan masyarakat sekitar sekolah, dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 26 April sampai hari Rabu 27 April 2022.
Dengan dibagikannya zakat ini supaya dapat sedikit membantu kebutuhan pangan yang semakin sulit di tengah pandemi dan menjaga silaturahim antara sekolah dengan warga sekitar. Semoga amal dan ibadah kita semua di bulan ramadhan ini diterima oleh Allah SWT dan dicatat sebagai amal jariyah, Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *