PEMBEKALAN & SUMPAH PESERTA PRAKTIK KERJA LAPANGAN SMK KESEHATAN BINATAMA

pembekalan%2BPKL - PEMBEKALAN & SUMPAH PESERTA  PRAKTIK KERJA LAPANGAN SMK KESEHATAN BINATAMA

Untuk memberikan bekal moril dan materil kepada para siswa, SMK Kesehatan Binatama menggelar kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Sasaran Kegiatan ini adalah para siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan Farmasi Klinis dan Komunitas yang akan melaksanakan PKL. Kegiatan pembekalan ini diselenggarakan secara daring dan luring selama 4 hari (15-18 Juni 2021). Kegiatan PKL sendiri bertujuan untuk memberikan sarana latihan terbaik bagi siswa agar dapat mengeksplorasi tidak hanya kompetensi mereka, tetapi juga kesiapan siswa untuk terjun dan menjalani dunia kerja.
Pada hari pertama kegiatan Pembekalan PKL, siswa peserta pembekalan menerima materi dari tentang pelayanan kefarmasian di komunitas dari Pharm 24 Group, materi pelayanan kefarmasian di rumah sakit dan keperawatan dari RS DKT Dr. Soetarto. Materi-materi tersebut disampaikan oleh IDUKA secara daring. Pembekalan dilakukan dengan metode interaktif, hingga siswa dapat bertanya langsung kepada para narasumber guna menambah pemahaman mereka atas materi yang telah disampaikan sebelumnya. Hari kedua hingga keempat pembekalan PKL dilanjutkan dengan materi teori dan praktik PKL yang diberikan langsung oleh para guru produktif farmasi SMK Kesehatan Binatama. Pembekalan diberikan meliputi salinan resep, pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol. Siswa juga dibekali dengan keterampilan swamedikasi, perundang-undangan kesehatan, managemen farmasi, etika dan kepribadian.
Para siswa yang akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) diwajibkan untuk mengucap sumpah. Kegiatan pengambilan sumpah, atau disebut juga ucap janji, dirangkai dengan penandatanganan surat sumpah, dan penyematan tanda pengenal kepada para siswa peserta PKL yang dilakukan secara simbolis, sebagai tanda dimulainya kegiatan PKL. Kegiatan pengambilan sumpah atau ucap janji siswa dilaksanakan pada hari Selasa, 15 Juni 2021 secara virtual dengan perwakilan siswa dari 3 agama yang hadir di SMK Kesehatan Binatama. Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ibu Nuri Hastuti, SP selaku Kepala SMK Kesehatan Binatama, dan siswa yang diambil sumpahnya adalah para siswa kelas XI dengan jumlah 95 siswa.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menjaga nama baik pribadi, keluarga, sekolah, dan memberikan pelayanan yang terbaik di tempat PKL, sehingga mereka nantinya bisa menjadi tenaga kesehatan yang profesional dan diterima masyarakat. Selain itu, tujuan pengambilan sumpah ini adalah agar pembelajaran Praktik Kerja Lapangan untuk siswa Kompetensi Keahlian Asisten Keperawatan dan Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Kesehatan Binatama akan berjalan lancar dan efektif, serta kompetensi yang menjadi tujuan dari PKL yang ditempuh para siswa dapat tercapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *