PKKS SMK KESEHATAN BINATAMA

Dalam rangka mengukur ketercapaian Standar Nasional Pendidikan dan kinerja Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama melaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS). PKKS dilaksanakan secara rutin setiap tahun setiap tahun untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam layanan dan prestasi sekolah. Kegiatan penilaian tersebut dilakukan oleh tim penilai dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman yaitu Ibu Estika Widiatni, M.Pd selaku Pengawas Pembina SMK Kesehatan Binatama dan Ibu Nurfarida Wijayanti, M.Pd Pengawas Baldik Kabupaten Sleman pada Jum’at, 29 Oktober 2021 di SMK Kesehatan Binatama.
Nuri Hastuti, SP selaku Kepala SMK Kesehatan Binatama menyampaikan bahwa kegiatan PKKS merupakan program rutin tahunan yang diadakan oleh Balai Pendidkan Menengah Kabupaten Sleman. Penilaian PKKS mencakup terdiri 4 hal yakni penyusunan program, pelaksanaan program (laporan dan lampiran), evaluasi keterlaksanaan program dan tindak lanjut hasil evaluasi. Srategi yang kami lakukan adalah membentuk tim penyusunnya yang terdiri dari Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program Keahlian, Kepala Laboratorium, Kepala Unit Produksi, Kepala Perpustakaan, Guru BK, Kepala Tata Usaha dan Bendahara Sekolah. Tim Penyusunan PKKS disini bertugas menyiapkan bukti fisik yang ada di masing-masing komponen 1- 6. Selain bukti fisik juga menyiapkan bukti penilaian kuisioner berupa pengkajian, pengamatan, dan penggalian informasi dari pihak-pihak yang terdiri dari 5 guru, 2 tata usaha, 5 siswa, 1 komite dan 2 dari Industri Dunia Kerja (IDUKA) baik bidang Keperawatan dan Farmasi.
Kegiatan PKKS di SMK Kesehatan Binatama dilaksanakan mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.30 WIB dan diikuti oleh tim manajemen SMK Kesehatan Binatama. Aspek penilaian meliputi ruang lingkup berdasarkan Permendiknas 13 Tahun 2007 Permendikbud No.6 dan No. 15 Tahun 2018 ada 6 komponen yang dinilai meliputi komponen kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumberdaya, kewirausahaan dan supervisi pembelajaran. Dari penilaian yang dilakukan oleh tim penilai SMK Kesehatan Binatama mendapatkan apresasi yang sangat luar biasa walaupun sekolah swasta akan tetapi bukti fisik yang dinilai sangat lengkap. Kami berharap Semoga mendapatkan hasil yang baik dan mendapat bimbingan yang dapat memperbaiki kinerja Kepala Sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *