SMK KESEHATAN BINATAMA RAIH JUARA LKS TINGKAT DIY TAHUN 2022

LKS%20NEW - SMK KESEHATAN BINATAMA RAIH JUARA LKS TINGKAT DIY TAHUN 2022

SMK Kesehatan Binatama tahun ini mengikuti LKS Tingkat Provinsi DIY baik Bidang Keperawatan maupun Farmasi. Pada tahun ini LKS diselenggarakan secara luring dengan lokasi yang berbeda. Bidang Keperawatan diselenggarakan di Mini Hospital Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta sedangkan Bidang Farmasi di Universitas Alma Ata. Sebagai bentuk dukungan akan penyelenggaraan LKS, Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi SMK Kesehatan Binatama selalu berpartisipasi mengirimkan siswa terbaiknya. Untuk menciptakan prestasi terbaik maka para guru pembimbing dan siswa calon peserta LKS akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa mendapatkan prestasi terbaik.

Tahun ini Program Keahlian Keperawatan mengirimkan siswa kelas X yaitu Zalfa Zahiyah Putri Dewanto sedangkan Farmasi yaitu Saskia Triandini siswa kelas X Farmasi. Dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa di Bidang Keperawatan SMK Kesehatan Binatama berhasil meraih Juara 1 Tingkat Provinsi DIY Tahun 2022 sedangkan Bidang Farmasi berhasil meraih Juara 3 Tingkat Provinsi DIY Tahun 2022. 

Jenis kegiatan yang dilombakan meliputi uji kognitif tes teori, skill challenge, produk inovasi siswa dan Karya Tulis Ilmiah. Bidang Keperawatan menciptakan karya inovasinya sebuah produk yaitu bantal leher aromaterapi dengan memanfaatkan bahan rempah alami yang bermanfaat untuk relaksasi dan mencegah mabuk disertai dengan pembuatan video produk inovasi. Karya Tulis Ilmiah Zalfa Zahiyah Putri Dewanto  berjudul “Penggunaan Biji Pala : Herbs Pillow Aromaterapi Sebagai Relaksasi Dan Pencegahan Mabuk Perjalanan” yang menghasilkan produk bantal leher aromaterapi terdapat bahan aromaterapi dalam kantong teh yang dimasukkan ke dalam bantal. Penilaian skill challenge   Zalfa Zahiyah Putri Dewanto  meliputi pengukuran TTV,tes GDS, dan juga mengganti linen pasien, serta presentasi kasus yang sebelumnya telah diberikan oleh dewan juri.

Saskia Triandini perwakilan dari Bidang Farmasi menciptakan karya inovasi produk kosmetik tradisional dalam bentuk sediaan topikal dengan bahan Pegagan disertai dengan pembuatan video produk inovasi dalam bahasa Jawa dengan sub title Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Karya Tulis Ilmiah  Saskia Triandini berjudul “Inovasi dan Diversifikasi Produk Pegagan Melalui Formulasi dan Uji Stabilitas Fisik Gotu Deogel Sebagai Pencegah Bau Badan” yang menghasilkan produk kosmetika berwujud deodoran Gotu Deogel yang memanfaatkan aktivitas antibakteri dari bahan aktif ekstrak pegagan atau dikenal juga sebagai gotu kola. Penilaian Saskia dari bidang Farmasi meliputi uji kognitif tes teori meliputi tes pengetahuan secara terpadu dibidang farmasi, yang dilanjutkan dengan Skill Challenge meliputi tes kemampuan pembuatan jurnal, praktik meracik dan mempresentasi hasil resepmya di depan dewan juri.

“ Sungguh luar biasa sekali tahun ini SMK Kesehatan Binatama memborong piala kejuaraan, dan saya sangat bangga kepada Tim LKS  SMK Kesehatan Binatama  yang sudah mempersiapkan sampai hasilnya memuaskan baik Keperawatan/ Farmasi. Harapannya di  tahun berikutnya akan lebih baik lagi. SMK Kesehatan Binatama selalu berusaha mendorong para peserta didik mendalami minat dan bakatnya. Hal itu agar mereka bisa berkembang pada bidang yang diminati, sehingga akan muncul siswa berprestasi multi talenta lainnya. Saya juga mengucapkan selamat kepada Tim Keperawatan yang insyaAllah akan mewakili Provinsi DIY Bidang Keperawatan ke tingkat Nasional”  Ujar Nuri Hastuti, SP.,M.KM. selaku Kepala SMK Kesehatan Binatama.

“Sangat bangga. Prestasi yang luar biasa mampu bersaing dengan siswa sekolah lain di DIY yang juga sangat hebat serta inovatif dan tahun ini kami mampu melanjutkan tren positif karena  dapat juara 1 tingkat Provinsi DIY.mohon dukungan  semoga kami mampu memberikan yang terbaik lagi untuk sekolah juga untuk Provinsi DIY ditingkat Nasional,” Ungkap Zalfa Zahiyah Putri dari Bidang Keperawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *