TIGA GURU SMK KESEHATAN BINATAMA  IKUTI WORKSHOP JURNALISTIK BERSAMA TIMES INDONESIA

Branding Sekolah merupakan suatu usaha untuk menciptakan sebuah merek atau brand dengan karakteristik image yang unik dan spesifik. Saat ini sekolah-sekolah berlomba menghadirkan fasilitas unggul untuk menarik lebih banyak pendaftar. Branding sekolah mulai diperhatikan untuk meningkatkan awareness di masyarakat.sekolah ibarat suatu merek dagang. Brandingnya harus  dibentuk sedemikian rupa supaya menarik minat orang tua untuk mendaftarkan anaknya atau menarik minat anak-anak untuk masuk sekolah tersebut. Salah satu usaha SMK Kesehatan Binatama dalam mempersiapkan teamwork dalam membranding sekolah salah satunya dengan mengirimkan 3 guru (Diana Prastiwi, S.Farm., Apt; Ulfiyah, S.Pd; Ana Herawati, S.Si., Apt) mengikuti workshop jurnalistik untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis untuk meningkatkan branding SMK Kesehatan Binatama.

Workshop Jurnalistik guru Bact 1 yang diselenggarakan DPD Persatuan SMK Kesehatan Indonesia (PERSEMKI) D.I.Yogyakarta   terlaksana pada  08-09 Oktober 2021 bertempat di Ruang Guru SMK Kesehatan Binatama Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Workshop yang mengambil tema “Keterampilan Jurnalistik Mendukung Re Branding Sekolah” , diikuti oleh 22 orang peserta dari 5 Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta.  Acara workshop ini secara resmi dibuka oleh Ketua DPD Persatuan SMK Kesehatan Indonesia (PERSEMKI) D.I.Yogyakarta M Nur Salim,,SH., M.Pd. 

Materi menulis artikel berita dalam workshop jurnalistik ini disampaikan Narasumber  dari Times Indonesia Amar Riyadi S.IP, M.Psi dan materi dasar-dasar fotografi jurnalistik disampaikan Thoni Ashari, A.Md jurnalis dari Times Indonesia. Workshop dimulai dengan Amar Riyadi S.IP, M.Psi, sebagai pembawa materi yang berkaitan dengan materi menulis artikel berita di media. Menurut Amar Riyadi, S.IP, M.Psi  menulis berita itu harus factual sesuai dengan fakta bukan opini. Selain itu disampaikan juga materi terkait rumus menulis berita yang menarik,karakter bahasa berita online serta struktur naskah berita online. Selanjut nya pada sesi materi dasar dasar fotografi jurnalistik, Thoni Ashari, A.Md menyampaikan materi teknik pengambilan gambar foto yang jurnalistik dan artistik, Standart Operation Procedure (SOP) fotografi komposisi, tipe shot, camera angle, diafragma/iris, shutter speed, white balance, dll.

 Di akhir sesi narasumber memberikan kesempatan para peserta workshop untuk mengajukan pertanyaan sehingga terjadi diskusi interaktif yang menarik. Peserta  workshop juga mendapatkan tugas praktik menulis berita dan foto jurnalistik dan hasil karya para peserta akan dinilai olehn Times Indonesia dan akan dipilih dua orang pemenang terbaik. Menurut Diana Prastiwi salah satu peserta workshop menyampaikan sangat  senang mengikuti workshop yang sangat menarik ini berharap dengan bertambahnya ilmu dan ketrampilan baru tentang jurnalistik dapat bermanfaat dalam mendukung Re Branding sekolah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *