VALIDASI KURIKULUM SMK KESEHATAN BINATAMA 2021 2022

Sleman, 14 Juni 2021 SMK Kesehatan Binatama telah melaksanakan Validasi Kurikulum Tahun Pelajaran 2021/2022. Kurikulum SMK Kesehatan Binatama tahun pelajaran 2021/2022 disusun dengan mengacu pada Kurikulum 2013 edisi revisi untuk pembelajaran kelas X dan XI, dan XII berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2019 tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Keperawatan maupun Farmasi, serta berpedoman pada pedoman penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Menengah Kejuruan yang disusun oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Kurikulum yang telah disusun oleh tim pengembangan kurikulum (TPK), terlebih dahulu harus dilakukan sinkronisasi terlebih dahulu oleh Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) dan sudah dilaksanakan pada 7 Juni 2021, kemudian selanjutnya Validasi Kurikulum oleh Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman. Untuk itu, pada Senin, 14 Juni 2021 telah dilaksanakan kegiatan validasi Kurikulum SMK Kesehatan Binatama yang dihadiri oleh 20 tamu undangan yang terdiri dari Pengawas Sekolah yaitu Ibu Estika Widiatni, M.Pd., validator dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman Bapak Drs. Sutarto,M.Pd. Ketua Yayasan Bapak Drs Suharman, M.Pd., Ketua Komite Ibu Hj Sulasmi, SH., Tim TPK SMK Kesehatan Binatama dan perwakilan IDUKA dari Bidang Keperawatan yaitu RS Mitra Paramedika, PKU Muhammadiyah Cangkringan sedangkan perwakilan IDUKA Bidang Farmasi yaitu Apotek UII Farma, Apotek UAD 2, Apotek Pharm 24.
Kegiatan validasi dibuka oleh Kepala Sekolah yang dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah hadir memenuhi undangan SMK Kesehatan Binatama. Dan berharap KTSP yang sudah disusun nantinya bisa menjadi acuan pedoman pelaksanaan kurikulum di SMK Kesehatan Binatama sehingga bisa dilaksanakan dengan baik . Selain itu juga mohon saran dan masukannya sebagai bahan untuk melakukan perbaikan kurikulum yang ada di SMK Kesehatan Binatama Tahun Pelajaran 2021/2022.
Setelah sambutan oleh Kepala Seklah dan Pengawas Pembina dilaksanakan validasi oleh Validator yaitu Bapak Drs. Sutarto, M.Pd. Beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa KTSP yang sudah disusun sudah sangat baik seperti kegiatan PPK, Literasi sudah ada origra tidak hanya teori, akan tetapi ada beberapa yang perlu ditambahkan supaya nantinya tersusun KTSP lebih baik lagi seperti keunggulan sekola dan struktur kurikulum. Selain itu juga beliau meminta kepada perwakilan TPK untuk memaparkan Analisis SWOT yang sudah disusun. Setelah dilakukan validasi oleh validator juga mempersilahkan kepada tamu undangan untuk memberikan masukan . Berbagai masukan dari hasil dialog antara validator, IDUKA dengan pihak sekolah, telah direkam oleh tim pengembangan kurikulum yang selanjutnya akan dilakukan revisi KTSP sebelum divalidasi oleh Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman. Kegiatan validasi kurikulum ditutup dengan tanggapan dari pihak sekolah yang disampaikan oleh Nuri Hastuti selaku Kepala Sekolah dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *