School from Home SMK Kesehatan Binatama

Sleman-untuk mengantipasi penularan penyakit COVID-19 ratusan siswa SMK Kesehatan Binatama belajar dari rumah. Hal ini berpedoman pada Surat Edaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Deaerah Istimewa Yogyakarta, tanggal 20 Maret 2020 Nomor: 421/02280 tentang Pembelajaran Jarak Jauh/di rumah bagi anak sekolah dalam rangka pencegahan COVID-19. Pembelajaran tetap berlangsung setiap hari sesuai jadwal KBM, hanya saja kali ini mereka melakukan aktivitas pembelajaran secara online atau School from Home. Pembelajaran kelas X dan XI dilaksanakan secara online mulai tanggal 19 s/d 31 Maret 2020 menggunakan Google Classroom melalui aplikasi Binatama School 4.0. Masing-maisng guru memberikan materi dan penugasan sesuai dengan jadwal KBM. Setiap guru selalu standby dan aktif ketika KBM berlangsung.

Selain KBM, kegiatan PPK/GLS juga tetap dilaksanakan sesuai jadwalnya. Tim PPK/GLS sudah menyusun jadwal. Adapun kegiatan PPK siswa di rumah seperti Sholat Wajib, Sholat Sunah, membantu orang tua misalnya menyapu, mengepel, memasak, mencuci pakaian, dan sebagainya. Selain PPK kegiatan GLS juga dilaksankan seperti membaca melalui Binatama Pustaka, membuat poster afirmasi, dan update kabar terkini dari google, radio, televisi, dan media sosial lainnya. Semua dituliskan jurnal harian yang sudah dibagikan formatnya. Hasil dari kegiatan baik tugas pembelajaran maupun PPK/GLS diunggah dan diserahkan kembali untuk dinilai oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Selain kelas X dan XI, kelas XII juga menggunakan aplikasi Binatama School 4.0 dari kelas ini juga mereka dibekali untuk belajar online menghadapi UKK seperti penyampaian materi, video yang bisa dilakukan di rumah. Pelaksanaan UKK menunggu keputusan resmi pelaksanaannya.

“Kami berharap kepada orang tua/wali siswa bisa mengkondisikan dan memantau anak-anak dalam pembelajaran online di rumah dan dapat mengkondisikan bersama-sama agar anak tetap menjaga kebersihan dan kondisi kesehatan masing-masing saat di rumah“ ujar Nuri Hastuti, SP selaku Kepala Sekolah.

Selama belajar di rumah diharapkan anak-anak melakukan kegiatan Social Distancing atau menjauhi dari kerumunan untuk meminimalisir bersentuhan dengan orang lain, menunda kegiatan yang bersifat massal seperti reuni, piknik, nonton film, jalan-jalan di mall, dan lain-lain.

Mari kita bersatu melawan Corona!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *