Media Online sebagai Sarana Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19

Hampir genap satu tahun pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada bulan Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya.
Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).
Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Layanan bimbingan dan konseling juga terdampak covid 19 ini, layanan bimbingan dan konseling yang biasa tatap muka sekarang harus beralih ke dalam layanan daring (online). Fenomena ini benar-benar menjadi tantangan baru bagi guru bimbingan dan konseling di SMK Kesehatan Binatama.
Layanan bimbingan dan konseling dituntut untuk menggunakan media sosial seperti WhatsApp (WA), youtube, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media layanan. Sehingga guru bimbingan dan konseling harus menerapkan strategi pembelajaran dengan mengoptimalkan aplikasi belajar online tersebut, sedangkan dari segi siswa dituntut bagaimana agar bisa beradaptasi dengan layanan sistem daring yang benar-benar baru bagi mereka.
Layanan bimbingan dan konseling online tepatnya merupakan suatu bimbingan yang diberikan untuk membantu kondisi siswa yang sedang mengalami masalah atau memiliki hambatan tertentu dan membutuhkan bantuan untuk menemukan jalan keluar. Dimana kali ini hanya bisa dilakukan melalui media online.
Salah satu layanan bimbingan dan konseling yang kami berikan yaitu konsultasi karir bagi siswa kelas XII, karena tidak menutup kemungkinan banyak siswa kelas XII yang masih bingung menentukan arah karir setelah lulus SMK, apalagi disituasi seperti sekarang ini, di masa pandemic Covid’19 beberapa perusahaan kesulitan dalam mempromosikan perusahaannya karena tidak bisa memberikan informasi secara langsung dan pendaftaran Universitas juga dengan sistem online yang kadang membuat siswa bingung. Sehingga guru bimbingan dan konseling harus dituntut bagaimana cara memberikan informasi ini agar sampai ke siswa. Salah satunya yaitu dengan membuat angket siswa melalui google form sehingga guru bimbingan dan konseling dapat mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan oleh siswa. Dari hasil tanggapan siswa, guru bimbingan dan konseling membuat hasil rekapan yang nantinya akan diberikan layanan sesuai dengan kebutuhan tertinggi siswa dalam merencanakan karirnya. Layanan karir tersebut diberikan atau disampaikan salah satunya melalui media online grub whatsapp dan melalui aplikasi zoom.
Layanan bimbingan dan konseling di SMK Kesehatan Binatama tidak memberikan materi ataupun tugas yang malah memberatkan siswa. Bimbingan dan Konseling di SMK Kesehatan Binatama berperan untuk mengatasi hambatan peserta didik dalam bidang belajar, pribadi, sosial maupun karir. Hal ini tidak luput dengan peran guru bimbingan dan konseling dalam menjalin komunikasi yang baik dengan guru mata pelajaran, walikelas ataupun orang tua peserta didik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *