MEWUJUDKAN PROGRAM GREENSCHOOL DENGAN BERTANAM BERSAMA

Potensi internal sekolah seperti ketersediaan lahan, sumber daya air, tradisi masyarakat sekitar, dan ekosistem di SMK Kesehatan Binatama merupakan objek pengembangan dalam konsep greenschool/ sekolah hijau. SMK Kesehatan Binatama memiliki komitmen yang secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah. Implementasi greenschool/ sekolah hijau dilakukan dalam langkah strategis salah satunya adalah bersih-bersih lingkungan sekolah dan kegiatan tanam menanam untuk membentuk kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini pada bulan Oktober dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2020 yang diikuti kurang lebih 15 orang guru dan karyawan.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program greenschool terutama dalam penghijauan di sekolah, sehingga nantinya ketika anak-anak sudah masuk sekolah di masa adaptasi kebiasaan baru, suasana belajar menjadi semakin nyaman.
Dalam kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam tersebut, selain penanaman tanaman hias, tanaman obat, bertanam di kebun sayuran dilakukan juga repoting untuk tanaman yang sudah mempunyai bakal tunas baru atau yang pot tanaman sudah tidak layak digunakan. Dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa SMK Kesehatan Binatama tidak hanya berfokus pada proses pembelajaran yang memang merupakan tujuan sentral lembaga pendidikan, tetapi juga mendidik siswa dan warga sekolahnya agar mereka memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan baik di sekolah, di rumah, maupun di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *