Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK Kesehatan Binatama Tahun 2019

SMK Kesehatan Binatama menggelar kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa/siswi kelas XI Program Keahlian Asisten Keperawatan dan Farmasi Klinis dan Komunitas. Kegiatan pembekalan dilaksanakan selama 5 hari (18-22 November 2019) dan diikuti oleh  85 siswa. Pembekalan ini merupakan syarat bagi siswa/siswi kelas XI untuk melaksanakan PKL pada bulan Desember 2019. Tujuan pembekalan selain untuk memberikan bekal  hard skill atau kecakapan dalam kompetensi bidang keahlian masing-masing seperti ilmu Asisten keperawatan, farmasi klinis juga memberikan bekal soft skill mengenai kecakapan dalam hal tata krama berintenteraksi dengan rekan kerja, atasan di tempat kerja, maupun dengan masyarakat umum.

Sebelum kegiatan pembekalan berlangsung setiap harinya dilakukan pengecekan kelengkapan atribut peserta sesuai dengan tata tertib sekolah. Bagi peserta yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Selain pengecekan atribut dan seragam juga dilakukan pengecekan PP test bagi peserta siswi SMK Kesehatan Binatama.

Pemateri hari pertama dari apotek UII disampaikan oleh  Arifi Bhakti Sinatria, S. Farm., Apt topik tentang tugas siswa saat PKL di apotek. Sedangkan Kundarto, SP.MP dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta memberikan materi tentang standar penampilan diri, etika bekerja dengan kolega, cara berkomunikasi, budaya kerja, sikap kerja.

Pembekalan hari kedua materi disampaikan oleh Heni Widiastuti, Amd., Kep dari Klinik Swa yang menyampaikan topik keperawatan di klinik. Sedangkan materi dari dari Puskesmas Mlati 2 disampaikan oleh  Widarti, Amk dan Chrisna Wardhani, S. F., Apt yaitu tentang tugas siswa PKL baik keperawatan maupun farmasi di puskesmas.

Pembekalan di hari ketiga materi disampaikan dari RSA UGM baik keperawatan maupun farmasi oleh Ravicka Rakhmayunita, S. Kep., Ners dan Taufiqurohman, M. ClinPharm., Apt. Sedangkan perwakilan dari Komite SMK Kesehatan Binatama Hj. Sulasmi, SH memberikan materi tentang sikap dan sopan santun.

Pembekalan hari ke empat disampaikan oleh Yuyun Yustina Yonita, M. Psi., Psi dari apotik Pharm 24 dengan topik attitude & Psikologi. Sedang kegiatan di hari kelima adalah sumpah praktikan dan dilanjutkan materi hardskills dari masing-masing program keahlian. Materi softkils diberikan dari jam 08.00 – 12.00 sedangkan materi hardskills diberikan dari jam 13.00-15.00.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *