VIRTUAL PEMILOS SMK KESEHATAN BINATAMA WUJUD DEMOKRASI DI MASA PANDEMI COVID-19

SMK Kesehatan Binatama Sleman melaksanakan pesta demokrasi pemilihan OSIS (Pemilos) secara daring pada hari Senin (25/10/2021). Pemilos secara daring dilaksanakan untuk menyikapi pandemi Covid-19 yang sudah dikonsepkan oleh pengurus OSIS dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Valensia Farra Diva Raynalta sebagai ketua OSIS SMK Kesehatan Binatama sekaligus Ketua Panitia Pemilihan OSIS, pada hari Rabu (23/10/2021). Teknik kampanye berupa penyampaian visi, misi, serta program kerja dibuat dalam bentuk video untuk dibagikan ke semua grup kelas. Selain itu, kampanye juga dilakukan melalui youtube SMK Kesehatan Binatama dengan tujuan agar dapat diakses dan dicermati dengan baik oleh seluruh pemilih.
Kepala SMK Kesehatan Binatama, Nuri Hastuti, SP mengapresiasi pemilos tahun kedua di masa pandemi Covid-19 ini. Pemilos merupakan pendidikan politik bagi siswa sehingga diharapkan siswa bisa menjadi pemilih yang cerdas dan kritis serta memahami dan mengkritisi visi, misi, dan program kerja kandidat.
“Pemilos merupakan ajang pembelajaran demokrasi para siswa, terlebih para siswa ini merupakan pemilih pemula maka kegiatan ini diharapkan bisa memberikan pengalaman sekaligus belajar menjadi bagian warga masyarakat yang mempunyai tanggung jawab untuk menggunakan hak pilihnya secara langsung, tanpa ada tekanan, dan sesuai hati nurani masing-masing,” kata Nuri.
Dalam pelaksanaannya, Panitia Pemilos memperpanjang waktu pemberian suara untuk Warga SMK Kesehatan Binatama hingga hari Senin (25/10/2021) pukul 13.00 WIB. Hal ini karena kondisi jaringan yang tidak lancar. Tingkat partisipasi pemilih SMK Kesehatan Binatama mencapai 100%. Hasil perolehan suara masing-masing kandidat seperti yang dilaporkan oleh Ghotama Pamungkas, M.Pd.I selaku admin Pemilos SMK Kesehatan Binatama adalah PASLON 01 (Erwanda Chandra dan Monita Widiastuti) sebanyak 51,3 % dan PASLON 02 (Rushah Dini Pratiwi dan Dinda Naswa Nur F) sebanyak 48.7 %, Selanjutnya, struktur kepengurusan OSIS SMK Kesehatan Binatama akan dilengkapi melalui sidang formatur.
Dengan Pemilos ini, diharapkan terbentuk kepengurusan OSIS SMK Kesehatan Binatama periode 2021/2022 yang berkualitas, dan juga dapat lebih meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik dan karakter perserta didik, serta dapat melahirkan kader pemimpin bangsa yang negarawan.
Kegiatan selanjutnya yaitu adalah kegiatan Laporan Pertanggungjawaban dan Pelantikan Pengurus OSIS baru, yang dilaksanakan pada hari kamis, 28 Oktober 2021 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda mulai pukul 07:30 – 08:15 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kaprodi, pembina, dan perwakilan siswa dari setiap kelas, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Rangkaian acara pelantikan kepengurusan OSIS yang baru diawali dengan penyampaian laporan pengurus OSIS lama, pembacaan Surat Keputusan Pengurus OSIS Periode 2021/2022, pengambilan sumpah, penyerahan surat mandat, penyerahan bendera OSIS, dan sambutan oleh ketua OSIS sebelumya dan ketua OSIS yang baru. Kegiatan serah terima jabatan dan pelantikan OSIS berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *