Bersama SMK Kesehatan Binatama Aktif Melawan Covid-19

Merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia perlu menjadi kewaspadaan kita bersama. Tak pelak, institusi pendidikan seperti SMK Kesehatan Binatama memiliki komitmen dan kepedulian yang kuat untuk turut serta dalam melawan pandemi Covid-19. Komitmen dan kepedulian ini SMK Kesehatan Binatama diwujudkan dalam kegiatan SMK Kesehatan Binatama Berbagi dengan memberikan edukasi untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan membagikan beberapa alat perlindungan diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, dan pengiriman paket makanan kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan berisiko terpapar virus di sekitar sekolah. SMK Kesehatan Binatama juga memproduksi desinfektan dan hand sanitizer secara masif di kala kebutuhan akan barang tersebut meningkat tajam.
Lebih jauh lagi, SMK Kesehatan Binatama sangat mendukung segala upaya untuk menghentikan pandemi ini dari penyebaran lebih lanjut termasuk melalui kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di lingkungan sekolah dengan melaksanakan bekerja dari rumah dan belajar dalam jaringan (daring). Meski tidak bisa berkumpul dan bertatap muka, tapi teknologi informasi memberikan ruang kreasi dan inovasi dalam peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Memahami pentingnya percepatan dalam menyusun metode pendidikan di tengah pandemi ini SMK Kesehatan Binatama mewujudkan hal tersebut dengan mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem daring dengan meluncurkan aplikasi Binatama School 4.0 guna menaati himbauan pemerintah dalam melaksanakan physical distancing. Berbagai fitur disediakan secara lengkap, sehingga kebutuhan tatap muka dapat tergantikan melalui portal ini. Di mana akses daftar hadir tercatat secara sistematis, pengumpulan tugas dengan pencatatan waktu yang akurat, serta penyediaan materi oleh guru dengan berbagai program yang dapat dieksplorasi oleh guru serta yang terpenting mudah digunakan bagi siswa, guru, karyawan, bahkan alumni.
Keseriusan SMK Kesehatan Binatama melawan pandemi ini juga diwujudkan dengan terus mengedukasi seluruh warga sekolah untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan menyediakan sarana cuci tangan dengan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol di berbagai lokasi strategis di sekolah sesuai jumlah yang dibutuhkan, mewajibkan memakai masker untuk seluruh warga sekolah dan pengunjung, melakukan skrining awal berupa pengukuran suhu tubuh kepada semua tamu yang datang ke sekolah, melakukan penyemprotan secara rutin dengan menggunakan desinfektan di lingkungan sekolah, menginstruksikan warga sekolah untuk selalu melakukan physical distancing, menghindari kontak fisik langsung, tidak berbagi makanan, minuman, dan peralatan pribadi, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit.
Siswa, guru, dan karyawan SMK Kesehatan Binatama juga dilibatkan secara aktif dalam berperan melawan pandemi ini dengan membuat karya bertema melawan Covid-19 berupa poster, karya tulis, video, dan video blogging (vlog). Variasi penerapan pendidikan ini sebagai partisipasi SMK Kesehatan Binatama untuk tetap memberikan pengajaran dan teladan dalam dunia pendidikan juga berkontribusi nyata dalam pembangunan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat. SMK Kesehatan Binatama percaya bahwa dengan semangat perjuangan dalam kebaikan, kita dapat menyambut dunia pendidikan baru pasca pandemi dengan suasana dan segala sesuatu yang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *