Bincang-bincang Asyik Literasi

SLEMAN – Sebanyak 350 orang yang terdiri dari siswa, guru, dan karyawan memadati Aula SMK Kesehatan Binatama, Senin (28/10/2019), untuk mengikuti Bicang-Bincang Asyik Literasi dengan tema “Budaya Literasi, Membuka Jendela Dunia”. Menurut Kepala SMK Kesehatan Binatama, Nuri Hastuti, kegiatan ini merupakan serangkaian acara Gerakan Literasi Sekolah Pengembangan SMK Rujukan 2019. Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan literasi ini untuk menggerakkan siswa untuk mau membaca dan menulis, hingga berkarya. Dikarenakan, menurut UNESCO Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0.001%. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Kegiatan ini diisi oleh kedua pembicara yang sudah mempunyai banyak pengalaman di bidang literasi dan memiliki prestasi di tingkat nasional maupun internasional, yakni Irwan Segara seorang penyair dan Rony K. Pratama seorang peneliti pendidikan.

“Literasi tidak hanya fokus pada membaca dan menulis, tapi bisa membaca hati, pikiran, situasi keadaan sekitar,” kata Irwan dalam Bincang-Bincang Asyik Literasi SMK Kesehatan Binatama, (28/19).

Setelah diadakan kegiatan ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan dalam berliterasi. Karena literasi bisa juga sebagai wahana rekreasi dalam bentuk ilmu pengetahuan. Seperti kutipan pesan yang disampaikan Najwa Shihab bahwa, cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca, cari buku itu. Bangsa yang cinta membaca adalah bangsa yang tingkat literasinya tinggi. Bangsa itu yang akan menjadi bangsa penemu, bangsa yang akan dipenuhi generasi yang punya daya inovasi yang tinggi. Kita tidak akan jadi bangsa kelas teri. Kita akan dipenuhi kemampuan untuk bertoleransi dan tidak akan gampang diprovokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *