Pemilos (Pemilihan Ketua OSIS) Melalui Aplikasi Android Binatama School 4.0

Pada hari jumat sekitar  350 warga sekolah SMK Kesehatan Binatama Jumat pagi hingga siang  menggunakan hak pilihnya dalam PEMILOS ( Pemilihan Ketua OSIS) secara serentak. Pemilos adalah sebuah model pendidikan pemilih bagi pemula. Program ini ternyata mendapat respon  dari warga sekolah yang terdiri dari siswa, guru, kepala sekolah, karyawan dan siswa mengaku sangat antusias dan tertarik, ketika konsep ini diperkenalkan dan disosialisasi kepada mereka. Karena implementasi dari pengayakan mata pelajaran Pendidkan Kewarganegaraan yang memasukkan Pemilu dan pendidikan demokrasi, jadi lebih komplit, praktis, dan dipahami sebagai sebuah “praktikum pemilu”, Pemilos juga mengajarkan bagaimana menanamkan sikap dan etika menghormati sebuah perbedaan. Siswa juga faham soal prosedur dan substansi demokrasi, serta bagaimana mengajarkan kepada anak cara berorganisasi. Seperti yang dilakukan oleh OSIS SMK Kesehatan Binatama untuk menjaring siswa yang akan maju menjadi kandidat Ketua Osis.

Kegiatan PEMILOS  ini memiliki tahapan yang tahapannya sama dengan pemilu pada umumnya yaitu, diawali dengan pemutakhiran Data Pemilih Tetap yaitu (seluruh siswa SMK Kesehatan Binatama dari kelas X sampai kelas XII, bapak ibu guru dan karyawan sekolah), pembentukan panitia penyelenggara, pendaftaran calon ketua dan wakil OSIS, Kampanye OSIS, Proses pemungutan suara, dan penghitungan Suara. Setiap Paslon harus sudah memiliki visi misi yang akan mereka laksanakan apabila terpilih menjadi ketua dan Wakil OSIS, serta memaparkan program program kerja mereka melalui Orasi ketua dan Wakil OSIS.

Ada bebrapa hal yang berbeda pada PEMILOS di SMK Kesehatan Binatama pada tahun ini yaitu dengan mengunakan Aplikasi berbasis Android, jadi pemilih bukan mencoblos kertas suara, tetapi memilih Paslon melalui HP masing masing sesuai dengan keinginan mereka. Harapannya adalah tertanamnya pendidikan demokrasi pada siswa SMK Kesehatan Binatama sejak dini, sehingga mereka sudah memahami bagaimana tata cara pemilihan dan berdemokarsi yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *