SMK KESEHATAN BINATAMA BERSINERGI DENGAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

SMK Kesehatan Binatama kembali bersinergi dengan salah satu kampus ternama di Yogyakarta yaitu Universitas Ahmad Dahlan. Sinergi yang terjalin yaitu antara SMK Kesehatan Binatama dengan Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD dalam bentuk MoU Kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Menurut Nuri Hastuti, SP selaku Kepala SMK Kesehatan Binatama, MoU dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD ini sudah ditandatangani sejak Desember 2019 lalu, dan realisasi MoU ini sudah dilaksanakan sejak bulan Januari 2020.
Realisasi kerjasama bidang pendidikan pada bulan Januari dalam bentuk kegiatan pembekalan untuk siswa kelas X SMK Kesehatan Binatama yang akan melaksanakan PKL Duta UKS. Fakultas Kesehatan Masyarakat mengirimkan mahasiswa dari Prodi Magister Kesehatan Masyarakat minat utama Promosi Kesehatan untuk melakukan pelatihan berupa pemberian materi komunikasi, public speaking, UKS, promosi kesehatan dan PHBS, yang tujuannya memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk para siswa yang akan diterjunkan ke SMP dan MTs sebagai Duta UKS sehingga saat di lapangan siswa sudah menguasai materi. Berkat kerjasama pembekalan dengan FKM UAD ini siswa SMK Kesehatan Binatama mampu melaksanakan tugas sebagai Duta UKS dengan predikat kompeten.
Kerjasama pada bidang penelitian diwujudkan dengan melaksanakan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Prodi Magister Kesehatan Masyarakat pada bulan April 2020. Penelitian untuk siswa SMK Kesehatan Binatama dengan topik pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa konsumsi gizi seimbang di masa pandemi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah ketegori baik untuk pengetahuan, kategori sedang untuk sikap dan kategori baik untuk perilaku.
Kerjasama bidang pengabdian masyarakat terlaksana pada bulan Juni 2020, wujud kerjasamanya yaitu pemberian edukasi oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat tentang protokol pencegahan penularan Covid-19. Edukasi yang dilakukan melalui pemberian leaflet dan donasi berupa masker dan handrub untuk SMK Kesehatan Binatama. Penyerahan leaflet, masker dan handsanitizer pada hari Selasa 16 Juni 2020 diwakili oleh Ketua Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Dr. Sitti Nur Djannah, M.Kes bersama perwakilan mahasiswa dari Prodi Magister Kesehatan Masyarakat Minat Utama Promosi Kesehatan FKM UAD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *