Asyiknya Berkunjung Ke Museum

Rabu 19 Agustus 2017, setelah selesai upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Kegiatan Pembinaan Karakter dan Wawasan Kebangsaan, siswa-siswi kelas X dan XI mengikuti acara kunjungan ke 3 museum. Adapun ketiga museum tersebut adalah :

  1. Museum Geologi UPN “Veteran”  Yogyakarta
  2. Museum Dirgantara Mandala
  3. Museum Wayang Kekayon

Kunjungan Museum pertama ke Museum Geoteknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Di Museum ini siswa siswi belajar dan mengamati  pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu kebumian mulai dari bidang Geologi, Pertambangan, dan Perminyakan. Para siswa asyik mengamati berbagai macam koleksi bebatuan, fosil, mineral, aktivias kegunung apian, aktivitas kegempaan,  gambar hingga replika keran di Museum.  Tak lupa siswa siswi asyik berfoto dengan koleksi di museum.

Walaupun museum geologi ini nampak seperti museum kecil, namun museum ini merupakan satu- satunya museum di Indonesia yang memiliki ratusan koleksi bebatuan dan koleksi mineral yang berhubungan dengan ilmu kebumian.kebanyakan dari koleksi ini berasal dari penemuan mahasiswa- mahasiswa Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta ketika riset di lapangan.

Kunjungan museum yang kedua yaitu Museum Dirgantara Mandala yang terletak tak jauh dari bandara adisucipro. Di Museum ini para siswa belajar tentang sejarah dan mengamati  benda-benda koleksi sejarah, antara lain : koleksi peninggalan para pahlawan udara, diorama, pesawat miniatur, pesawat terbang dari negara-negara Blok Barat dan Timur, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom atau roket, parasut dan patung-patung tokoh TNI Angkatan Udara.

Para siswa juga menyaksikan pesawat-pesawat dan benda sejarah dalam perjuangan TNI Angkatan Udara, sejak perang kemerdekaan sampai saat ini. Selain itu bisa dilihat pula diorama dari satelit Palapa dan kapal ruang angkasa Challenger, yang mengorbitkan satelit tersebut. Menurut Yurike salah siswi, dia sangat senang bisa berkunjung di museum dirgantara ini karena belum pernah mengunjungi dan lebih sennag lagi karena bisa asyik berfoto dengan koleksi pesawat di museum ini,


Kunjungan museum yang terakhir di museum wayang kekayon. Para siswa sebelum mulai kunjungan ke ruangan-ruangan, terlebih dahulu mendapatkan pengarahan dan sambutan dari Pihak museum dan duta museum di pendopo. Setelah itu siswa diantarkan petugas museum untuk melihat koleksi wayang di museum. Museum wayang ini mempunya luas 1,1 ha dengan ribuan koleksi wayangnya. Dimuseum wayang ini siswa siswi  melihat dan mengamati ribuan wayang dari berbagai jenis, seperti wayang Purwa, Madya, Gedhoog, Klithik,Dupara,Diponegaran,Krucil,Golek,100 Kurawa, dan lain-lain. Para siswa sangat senang karena dapat melihat berbagai macam koleksi wayang yang berumur ratusan tahun,seperti : Wayang Golek Thengul, Wayang Madura, Bali dan Lombok. Hingga wayang modern seperti Wayang Perjuangan/Suluh dan Wayang Republik yang sekarang sering dipentaskan. Koleksi lain yang dilihat siswa adalah berbagai macam koleksi topeng,berbagai busana wayang Wong,Wayang Suluh,Patung Wayang Wong ukuran sebenarnya.

Menurut Nuri Hastuti,SP selalu Kepala Sekolah, siswa-siswi banyak yang belum pernah mengunjungi museum, dengan diadakannya kegiatan kunjungan museum ini diharapkan siswa siswi smk kesehatan binatama bertambah ilmu dan pengetahuannya serta lebih cinta lagi budaya dan museum di Yogyakarta terutama.


                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *