Pembinaan Karakter Dan Wawasan Kebangsaan SMK Kesehatan Binatama

Pada hari pertama masuk sekolah sekaligus memulai tahun pelajaran baru 2017/2018 SMK Kesehatan Binatama mengadakan kegiatan Pembinaan Karakter dan Wawasan Kebangsaan bagi siswa-siswi kelas XI Program Keahlian Keperawatan dan Farmasi.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Kesehatan Binatama, Ibu Nuri Hastuti, SP. Pada hari senin 17 Juli 2017 dihalaman sekolah SMK Kesehatan Binatama dan dilanjutkan dengan pemberian materi dari pihak sekolah dan beberapa instansi yang bekerja sama dengan SMK Kesehatan Binatama.

Pemateri/narasumber Program Pembinaan Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan ini  ada dari internal dan eksternal.

Adapun pemateri internal atau dari Pihak sekolah untuk  Pembinaan Karakter dan Wawasan Kebangsaan adalah sebagai berikut :

  1. Guru bimbingan konseling Lilik Widiantoro, S.Pd dengan materi tata tertib,tata karma & penanganan masalah.
  2. Waka Kesiswaa Ghotama Pamnungkas, M.Pd.I dengan materi  Budaya sekolah & Extrakurikuler
  3. Agustina Surani, S.Kep.,Ns dengan materi gerakan literasi
  4. Guru Bimbingan konseling Lilik Widiantoro, S.Pd dengan materi cara belajar efektif
  5. Kepala Unit Produksi Farmasi & Keperawatan Fifit Afikah, S.Kep.,Ns & Ana Herawati, S.Si.,Apt dengan materi kewirausahaan unit produksi

Selain materi dari internal sekolah,siswa siswi juga  mendapatkan materi dari pemateri external atau instansi dari luar sekolah,adapun beberapa Instansi yang berkerja sama dan diundang oleh SMK Kesehatan Binatama guna memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama adalah sebagai berikut:

  1. Polsek Mlati oleh Edi Setiawan, S.H & Handoko Susilo dengan materi kenakalan Remaja dan pencegahan tindak kekerasan.
  2. RS UGM oleh Trimuryani,S.Kep Ners dengan materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat.
  3. Puskesmas Mlati oleh Puskesmas Dewi Prabasari V.S.Psi., Psi & Nuryati,Amd,Keb dengan materi Bahaya Seks Bebas
  4. Magister Teknologi Informatika oleh dr.Imam Riadi,M.Kom dengan materi nya Pemanfaatan dan Dampak Teknologi Informasi
  5. Poltekes Kemenkes oleh Eko Suryani S.Pd dengan materi pengenalan program studi lanjut keperawatan.
  6. Universitas UGM Program Keahlian Farmasi oleh Dr.rer.nat.Adam Hermawan,M.Sc.,Apt dengan materi program studi lanjut farmasi.
  7. BPBD DIY oleh Mahujud S.Sos.,M.Si dengan materi Mitigasi bencana
  8. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Universitas Negeri Yogyayakarta oleh Hanif Sri Yulianto & Triyo Handoko dengan materi pendidikan karakter anti korupsi.

Menurut Nuri Hastuti,SP selaku kepala sekolah SMK Kesehatan Binatama, dengan adanya kegiatan Pembinaan Karakter dan Wawasan Kebangsaan ini harapannya siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama dapat menjadi siswa-siswi yang berkarakter unggul, memahami, mematuhi dan dapat menjalankan kewajibannya sebagai siswa-siswi SMK Kesehatan Binatama serta dapat memilah perbuatan atau tindakan yang baik dan buruk serta memahami resiko dari perbuatan/ tindakan yang dilakukan, dan dapat memanfaatkan suatu hal dengan benar.

Menurut Agus Wahyudi salah satu siswa yang mengikuti acara ini,berkesan karena dia mendapatkan tambahan ilmu tentang berbagai macam hal selain ilmu pelajaran, senang dengan materi yang disampaikan dari Poltekes Kemenkes jadi lebih tahu bagaimana caranya besok prospek nya studi lanjut ke perguruan tinggi dan juga materi tentang IT jadi lebih tahu cara penggunaan Sosial Media dengan benar.

Acara Pembinaaan Karakter dan Wawasan kebangsaan ini ditutup dengan kunjungan ke  3 museum bersama dengan siswa-siswi kelas X, yaitu :

1.Museum Geoteknologi UPN Veteran Yogyakarta

2.Museum Dirgantara Mandala

3.Museum Wayang Kekayon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *